Kamis, 28 Juli 2016

Lalamakan Craft Pamer Sedikit Bingkisan Seserahan...

Jauh sebelum ini saya suka membayangkan andai saja ada orang yang minta dibuatkan/menghias bingkisan seserahan dan saya membuatnya dengan rasa senang paling tidak daya kretif saya tersalurkan.  O..hoi....ternyata bukan lagi bayangan sekarang unek-unek saya sudah optimal tersalurkan....tiga bulan lalu ada kerabat yang menikah sebagai pihak laki-laki, biasanya ada budaya memberi beberapa bingkisan berisi keperluan untuk "sang istri" yang disebut "seserahan". Pastinya dong...saya suka dan senang sekali karena ini kesempatan untuk memanifestasikan ide saya sebagai seorang "pengkhayal". Sungguh beribu ide menerawang jauh ke awan hingga saya pun bingung sendiri harus membuat seserahan seperti apa....untungnya para kerabat benar-benar menyerahkan konsep seserahan sepenuhnya pada saya.....wuiih....jadi ide apapun dari saya mereka harus suka!.hi...hi...asyik!
Prinsip saya dalam membuat seserahan ini barang isian dan wadahnya harus bermanfaat, tidak boleh ada yang terbuang kecuali pembungkusnya kali ya....
Singkat cerita.....sudah ada 11 bingkisan seserahan terkarya dengan berbagai bentuk wadah, mari saya tunjukkan seserahan di bawah ini



Ini seserahan perlengkapan kebersihan diri berisi handuk, sampo, sabun mandi dan handbody, warna kuning handuk dipadukan dengan hijau dari boto-botol, Botol diikat oleh pita  dan disampingnya diberi bunga hias cocok sekali dengan wadahnya yang bundar









Beri sedikit pita emas di bawah bunga...













Wrapping dengan plastik parcel













Seserahan bentuk oval....saya suka sekali dengan yang ini walau sebenarnya dalam proses pembuatannya memakan waktu yang lebih lama dari yang lainnya, namun hasilnya bagi saya cukup memuaskan








Isinya apa yah?......ini cd alias underwear! dibentuk menyerupai bunga mawar, dengan berbagai trial n errol akhirnya dapat bentuk seperti ini...













Walaupun cd-nya sendiri berbentuk bunga tetap mereka memerlukan hiasan lainnya seperti kuntum bunga dan daun dari kertas yang jadi bordernya, gimana?....









Yang ini bentuknya paling sederhana dan yang terpantas untuk isisan baju tunik ini yang dipadukan dengan sprei kasur di bawahnya










Tapi tetap dalam proses perwujudannya memerlukan trial n error...
Sebagai pemanis saya silangkan pita "pengikat" dua paduan  kain ini dan dipas persilangan saya tempelkan bunga kain










Sedangkan yang ini? menurut saya ini bentuk yang paling cantik....apa isinya?











Isinya setelan mukena (atasan dan rok mukenan), paduan warna putih tulang dari mukena dengan kain kover pembungkus wadah... yang elegan serta bentuk bunga mawar yang cantik putih bersih melambangkan kesucian...









Selalu saya selipi kuntum bunga mawar dari kertas dengan gradasi warna juga potongan pita emas di bawah bunga












Yang satu ini pun tak kalah rumitnya...trial n errornya cukup lama dan hampir bikin pusing....tapi sekali lagi menurut saya yang ini pun layak dipandang cantik, posisi sandal yang menumpuk di ujung tumit membuat feminimilis seserahan apalagi ada dompet di belakngnya







Always bunga kerta....namun dengan warna kontras/beda cukup membuat point of view dari warna hampir senada...












Yang ini cukup "luber" dari wadahnya, bentuknya saya buat secantik mungkin namun hasilnya seperti ini...mirip kipas...maybe Isinya sajadah dan alqur'an, kesannya "terkosentrasi" di kitab dan bunga









Terlihat agak manis dengan adanya mutiara di bawah bunga-bunga...











Dengan bentuk wadah oval dan warna emas pembungkusnya cukup "mengakomodasi" setelan baju tidur ini. Warna baju yang kurang serasi dengan kain pembungkus wadah yang berwarna emas cukup membuat saya muter-muter....dalam pembuatannya









Lagi-lagi bunga dan dedaunan yang merubahnya menjadi jauh lebih cantik dan serasi....












Bunga kertas buatan sendiri.....












Tadinya 2 baju pesta ini hendak dibuat bentuk yang lebih nyeni namun kesannya kok mirip dengan bentuk seserahan sebelumnya. Dengan bentuk wadah persei panjang ya sudah...dibuat sesimpel mungkin









Maka jadilah seperti ini...agar terlihat lebih "nyeni" saya ikatkan pita kecil lalu dibungkus dengan plastik lalu beri kembali pita besar dan bunga kain












Yang ini berisi tas dan sandal model lain, warna senada hingga pantas bila dipadu-padankan












Pasti di setiap seserahan yang saya buat ada pita pengikat, tentu tak lepas juga dari bingkisan yang satu ini










Wadah berisi gamis perempuan disertai kerudung dibentuk sedemikan rupa...hingga mampu membuatnya terlihat indah..












Bunga kertasnya terlihat ga?...













Yang ini kesannya pengungsi atau kadang-kadang seperti kelinci...Isinya sebuah selimut











Selimutnya dilipat lalu digulung dan dibungkus dengan plastik parcel. Untuk mempercantik bingkisan ini saya ikatkan kain emas membentuk pita besar

Semoga postingan ini dapat menginspirasi....




Sabtu, 23 Juli 2016

Tutorial Cara membungkus Kado Berisi Tas

Pernah bingung ngga kalau kita hendak membungkus suatu barang untuk kado? apalagi bila bentuk barangnya tak beraturan atau tidak berkemasan dus, iya kan? sebenarnya ga susah susah amat sih...asal kita mau bereksperimen, saya kasih contoh cara membungkus kado di bawah ini khusus membungkus kado berisi tas


 Ini tas yang hendak dibungkus dan kertas kadonya














Agar tak ribet saya masukkan tali tasnya ke dalam badan tas, rapikan...












Untuk membentuk kertas kado coba mengukur-ukur tasnya dengan cara melipat kertas menyelimuti tas. Pertama lipat kertas di salah satu sisi menyelimuti setengah tas









Berikutnya lipat sisi kertas yang lain hingga benar-benar menutupi tas dan lihat...ada kelebihan kertas












Saya gunting kelebihannya hingga pinggiran kertas cukup menutupi pinggiran kertas di bawahnya












Lipat pinggiran kertas bagian yang letaknya di atas sedikit saja












Lalu lipatan tadi direkatkan ke pinggiran kertas di bawahnya (dalam) dengan lem atau doubel tape atau isolasi











Bentuk kadonya mirip amplop dan ngepas dengan ukuran lebar tasnya












Lipat bagian bawah kado, dua kali...













Nanti hasilnya sepeti ini, cara merekatkannya cukup dengan isolasi












Masukkan tas pelan-pelan karena amplopnya pas dengan ukuran tas khawatir sobek.....sayang....












Maukkan terus hingga tas menyentuh dasar amplop













Tinggi amplopnya sengaja saya panjangkan...tata agar rapi terutama lipatan pinggirannya












Saya ingin membuat lipatan seperti kipas sebagai hiasan, mulailah melipat dari atas terus ke bawah, lipat bolak-balik yah....











Tekan tengah lipatan/kipas dengan jemari













Lalu arahkan kipas ke bawah menyentuh badan kado lalu beri isolasi tengah kipasnya












Buka kipasnya semaksimal mungkin lalu tahan dengan isolasi, begitu juga dengan kipas sebelahnya











Hingga membentuk kado seperti ini....cantik kan? tidak hanya untuk tas bisa juga untuk barang-barang lainnya yang bentuknya cenderung pipih...dengan gaya seperti ini kado menjadi bergaya....

Selamat mencoba....











Sabtu, 09 Juli 2016

Tutorial Membuat Tas 'Samak" Kain

Tas samak.......apaan tuh? sekilas saya pernah tahu tas "samak" tas yang terbuat dari bahan kulit imitasi yang bentuknya mirip samak atau juga ada yang benar-benar dari samak yang terbuat dari daun lontar (red). Sekarang saya mencoba membuatnya....tapi versi beda...mungkin namanya juga lalamakan craft..tentu ga jauh dari kain perca...., kain percanya saya ubah menjadi samak dan penghias saku depan..
Cara membuatnya gampang-gampang susah bagi saya...mulai dari memilih tema warna, bentuk samak dan cara mengerjakannya....ternyata perlu keterampilan dan waktu, betul..bro!   don't wory..just do it!
Alhamdulillah saya sempat membuat tutornya namun sebenarnya isinya ga beda jauh dengan yang sudah-sudah hanya saja saya ingin menggambarkan bawah tas dapat tampil beda karena ada hiasan/ornamen yang kita buat, contohnya 'samak' ini...



Ini samak yang saya maksud, samak/tikar buatan tangan sendiri terbuat dari kain (pakailah kain perca/lalamakan) yang dijalin satu sama lain hingga membentuk pola samak. Yang ini model samaknya paling sederhana namun bermain dengan tata warna jadi terlihat lebih berwarna...samak ini untuk bagian saku depan, siapkan bersama kain bagian atasanya (kain biru polos) untuk list..













 Letakkan list di atas samak yang sudah digabung dengan vuringnya, semat dengan jarum













Jahit....













Lipat list dua kali ke arah dalam/belakang saku semat dengan jarum (membungkus pinggiran samak)













Semat dengan jarum bagian luarnya













Lalu jahit tindas dekat sambungan..















Siapkan zip dan kepalanya, panjangnya disesuaikan dengan lebar saku












Letakkan zip dibawah list semat lalu jahit















Siapkan kain badan tas tempat saku menempel














Letakkan unit saku di atas kain tersebut...(kain badan lebih tinggi dari sakunya), perhatikan letak garis atas zip, buat tanda











Gunakan kapur jahit untuk menandai (tandai garis horizontal)



















Letakkan pinggiran atas zip di atas garis lalu semat, posisi zip terbalik (unit saku berada di atas badan tas) , tusukan semat tepat dengan garis yang tadi dibuat, tusukkan jarum menembus garis, tahan...










Jahit di atas sematan jarum....














Bila unit saku ditarik ke bawah maka zip unit saku terlihat seperti ini












Siapkan badan sisi kanan dan kiri















Gabung badan sisi di atas sisi unit saku, semat lalu jahit











Ini hasilnya setelah dijahit...



















lakukan untuk kedua sisi....sebut saja hasilnya unit depan tas













Siapkan busa angin (trikot) selebar unit depan tas beri sedikit kelonggran pada keempat sisinya












Gabung busa ke unit depan tas lalu semat dengan jarum













Buat jahitan quilting dengan pola sembarang....sesukamu!


















Begitu pula dengan sisi sebelahnya, sementara sisihkan dulu...













Buat dasar tas, 2 lapis bahan : kain luar dan busa lalu jahit quilting sembarang













Buat juga seperti itu untuk bagian belakang tas













Siapkan bahan unit zip, risleting/zip dan 2 helai kain












Ukur panjang zip sesuai ukuran bukaan yang diinginkan











Ujung-ujung zip akan di tutup/dibungkus dengan kain, letakkan kain di bawah ujung zip













Lipat pinggiran bawah kain













Juga pinggiran atasnya, pertemukan lalu semat dengan jarum, intinya ujung zip dibungkus oleh kain










Jahit tindas seperti ini...














Potong kelebihan kain...
Buat dengan cara yang sama untuk ujung zip lainnya











Buat tanda tengah pada zip maupun badan tas













Lipat pinggiran atas (bagian bukaan) ke arah dalam lalu letakkan di atas zip, semat dengan jarum pentul












Dan...jahit tindas...
Lakukan dengan cara yang sama untuk bagian belakang tas











Buat tali tas...ukurannya sesukamu....













Beri tanda seperti ini pada ujung-ujung tali, garis atas untuk jahitan pertama garis yang di bawahnya untuk jahitan penutup











Begini buatnya....posisikan tali  di tempat yang sudah ditentukan












Semat dengan jarum













Dan jahit tindas seperti ini, 2-3 kali jahitan bolak-balik













Angkat tali ke arah atas menutupi tiras jahitan pertama, semat dengan jarum











Jahit tintas seperti ini, sama 2-3 kali jahitan bolak-balik












Gabungkan pinggiran sisi badan depan dan belakang tas












Lalu jahit gabung, ujung zip tidak ikut terjahit...
Lakukan untuk sisi sebelahnya...
Gabungkan dasar tas ke badan











Olah jahit vuring tas, gabung jahit badan vuring depan dan belakang setelah itu gabung dengan dasarnya, jahit tindas pinggiran atasnya untuk bukaan tas
Bila selesai siap dipasangkan ke badan tas, permukaan tas dibalik lalu vuring disarungkan ke badan tas













Gabungkan pinggiran bukaan vuring ke bukaan tas/zip, semat dengan jarum...
Selesai sudah membuat tas.....











Ini dia tas jadinya!....

















Samak berfungsi sebagai penghias tas...unik!..













Gunakan kain perca untuk membuat samaknya...














Sedangkan bagian belakangnya polos.....tapi tetap cantik dengan adanya jahitan quilting...











Gunakan warna segradasi...


















Saku depan yang banyak manfaatnya....terbuat dari samak kain perca....












Pantas dipakai.....limited edition!
Selamat berkarya...